Oleh: twpkapoposang | Desember 10, 2010

Diving Tips


Nahh… Taukan diving?! Kalau Indonesia-nya berarti menyelam. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan banget!! Sportyang menyehatkan dan BASAHHHH…hihihhih..kaya judul film aja!! Tapi buat ngelakuin diving ini gak sembarangan lho. Ada tata cara dan peraturan yang harus diikutin. Olahraga air yang satu ini adalah Scuba Diving, umumnya olahraga air yang tinggi resikonya. Kenapa??Scuba Diving atau belajar menyelam ini tidak semua orang bisa melakukannya.. Ya khan??

Meskipun beresiko, kalian tetap bisa melakukannya dengan seru, menyenangkan, aman, dan bebas dari accident. Tentunya asalkan mengikuti kursus menyelam atausafety rules, seperti tips di bawah ini:

  1. Periksa peralatan sebelum menyelam/belajar menyelam. Periksa dengan teliti dan pastikan fungsi kerja peralatan sangat bagus, terutama banget apabila peralatan itu kalian sewa.
  2. Minum air sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin. Walaupun kalian gak haus, sekuat mungkin minum air. Kalo bisa ketahuilah tanda-tanda dehidrasi.
  3. Ikuti pelatihan menyelam/kursus menyelam, biasanya kalian akan mendapatkan kualifikasi dari agen yang terdaftar.
  4. Setelah mendapatkan kualifikasi, jangan pergi menyelam di tempat yang berbahaya. Kalian belum memiliki kemampuan untuk mengetahui apa itu gua dasar laut (shipwreck diving) yang memerlukan special training atau juga teknik – teknik menyelam.
  5. Dapatkan pemeriksaan medis dan lakukanlah tes renang sebelum melakukan aktifitas ini.
  6. Jangan pernah pergi menyelam seorang diri. Ajak teman untuk menyelam bersama kalian atau guide yang ahli dalam diving pada saat kamu belajar.
  7. Turuti petunjuk (teknik – teknik menyelam) yang diberikan oleh person in chargesaat trip menyelam Anda.
  8. Cari tahu tentang cuaca di tempat dive tersebut sebelum pergi menyelam.
  9. Pastikan bahwa suhu air dan kondisi cuaca cukup aman untuk melakukan penyelaman. Bergegaslah ke tepi bila mendengar atau melihat badai mendekati.
  10. Lindungi kulit dengan waterproof sunscreen yang mengandung setidaknya 15 SPF (Sun Protection Factor).
  11. Selain itu, kenali tanda-tanda heat exhaustion dan cara penanggulangannya.
  12. Kenalilah juga ciri-ciri dari hypothermia dan tentunya berikut cara penanggulangannya.
  13. Gunakanlah sunglasses untuk melindungi mata dari sinar matahari.
  14. Pilih kacamata hitam yang bisa menyerap setidaknya 90 persen dari sinar ultraviolet.

Itu dia tadi buat yang baru-baru belajar untuk menyelam, jangan sekali-sekali mencoba di luar yang udah ditentukan ya! Sekarang buat yang udah biasa diving nih…

Para penyelam merupakan sebagian orang yang paling berperan dalam menyuarakan dan meng advokasi pelestarian terumbu karang. Patuhilah beberapa panduan-panduan sederhana mengenai bagaimana menjadi seorang penyelam yang ramah terhadap terumbu karang berikut ini.

SEORANG PENGUNJUNG YANG BERTANGGUNG JAWAB

  1. Dalam memilih tempat berlibur, pilihlah tempat atau hotel yang ramah lingkungan; yakni tempat-tempat yang senantiasa mengutamakan semangat konservasi, mendaur ulang limbahnya, mengolah sampah padatnya dengan cara-cara bertanggung jawab.
  2. Pilihlah perusahaan selam yang menerapkan pelestarian terumbu karang
  3. Bayarlah iuran tanda masuk di taman-taman karang serta daerah-daerah konservasi kelautan lainnya.
  4. Hindari membeli cindera mata yang terbuat dari batu batu karang,  penyu serta makhluk-makhluk laut lainnya. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai kegiatan ilegal, serta dianggap kurang bersahabat terhadap lingkungan.
  5. Pelajari secara seksama mengenai seluk-beluk terumbu karang terumbu karang sangat menarik namun perlu disadari bahwa terumbu karang merupakan sebuah lingkungan yang mudah rusak pula.

Okehh..okehh..udah paham semua kan..WASPADA DIRA ANURAGA!!!!

sumber : http://www.marinebuddies


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: