Oleh: twpkapoposang | November 30, 2011

Berkunjung ke Demplot Penangkaran Penyu “Bahari Lestari”


Jika anda bertanya apa sih kelebihan Pulau Kapoposang dibandingkan pulau-pulau lain yang ada di Kabupaten Pangkep????selain profil terumbu karang Pulau Kapoposang berupa tebing-tebing karang yang curam dan beberapa spesies unik lainnya seperti ketam kenari (Birgus latro) dan burung konde, kami tentunya menyarankan anda untuk mengunjungi objek lain yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu demplot penangkaran penyu yang ada di Pulau Kapoposang ini.

Demplot penangkaran penyu yang ada di Pulau Kapoposang merupakan salah satu dari dua lokasi yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan. Melalui inisiatif masyarakat yang tergabung dalam kelompok konservasi “Bahari Lestari” Pulau Kapoposang, tukik-tukik hasil penetasan semi alami saat ini telah berhasil menangkarkan sebanyak 70 tukik, namun saat ini yang tertinggal di bak penampungan sebanyak 40 ekor sedangkan 30 ekor sisanya telah dilepaskan ke alamnya beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini merupakan respon masyarakat karena akhir-akhir ini frekuensi peneluran penyu di Pulau Kapoposang mengalami penurunan sebagai akibat eksploitasi yang dilakukan baik dari masyarakat Pulau Kapoposang sendiri maupun dari luar TWP Kepulauan Kapoposang yang memanfaatkan telur dan induk penyu untuk konsumsi.

Kelompok konservasi “Bahari Lestari” telah memiliki satu unit fasilitas penampungan tukik dan lokasi peneluran di Pulau Kapoposang bantuan dari Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Propinsi Sulawesi Selatan. Selain itu juga dibangun pos jaga dan pos pengintaian di lokasi yang teridentifikasi sebagai daeran pendaratan penyu saat ini dalam proses pembangunan, fasilitas ini merupakan bantuan dari Coremap II melalui kegiatan percontohan pengelolaan habitat di TWP Kepulauan Kapoposang dan Laut Sekitarnya.

Untuk pakan sehari-hari, masyarakat masih mengandalkan ikan hasil pancingan anggota kelompok “Bahari Lestari”. Untuk kedepannya, melalui  Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang telah dianggarkan untuk pembiayaan operasional dari demplot tersebut sehingga diharapkan pengelolaan demplot penangkaran penyu Pulau Kapoposang dapat lebih optimal lagi.

Untuk berkunjung melihat penyu bertelur, bulan Desember-April merupakan musim bertelur penyu sisik maupun penyu hijau untuk Pulau Kapoposang serta pulau lainnya di TWP Kepulauan Kapoposang dan Laut Sekitarnya, jika anda orang yang senang untuk menjelajah dan bertualang ada baiknya anda mempertimbangkan mengunjungi pulau ini untuk mengenal lebih dekat kehidupan dari biota langka dan hampir punah ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: