Oleh: twpkapoposang | Desember 12, 2012

Transplantasi Karang Pulau Papandangan


IMG_2621Fisheries Diving Club (FDC) Universitas Hasanuddin didukung oleh Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil Ditjen KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang melaksanakan kegiatan transplantasi karang di Pulau Papandangan yang merupakan salah satu pulau di kawasan Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang dan Laut Sekitarnya.

IMG_1493Sebanyak 32 orang mahasiswa yang merupakan anggota muda dan anggota tetap salah satu club selam yang bernaung di bawah jurusan perikanan serta staf pengelola TWP Kapoposang-BKKPN Kupang terlibat dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu respon atas semakin terdegradasinya ekosistem terumbu karang sebagai akibat tekanan destructive fishing, berdasarkan hasil survey kondisi ekosistem terumbu karang di Kawasan Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang dan Laut Sekitarnya, kondisi terumbu karang Pulau Papandangan dalam kondisi rusak dengan persentase karang hidup berkisar antara 7%-20%, diharapkan dengan adanya kegiatan rehabilitasi secara massive dapat mempercepat kembalinya  fungsi ekologi ekosistem terumbu karang Pulau Papandangan sebagai rumah ikan.

IMG_2693Kegiatan dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 8-10 Desember 2012, diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat Pulau Papandangan terkait kegiatan tersebut. Kegiatan transplantasi terumbu karang ini juga melibatkan partisipasi masyarakat dalam hal monitoring dan pembersihan meja transplan secara berkala. Jumlah meja transplan yang berhasil diturunkan sebanyak 15 meja dengan jumlah total anakan sebanyak 300 bibit karang acropora, menggunakan metode substrat semen (cor) dan pipa paralon sebagai melekatnya sampel yang akan ditransplan.

IMG_2702Pemasangan anakan dilakukan di pinggir pantai untuk mencegah stress pada anakan karang, setelah anakan karang terpasang kemudian meja transplan diangkut dengan menggunakan kapal ke lokasi yang telah disurvey sebelumnya. Penurunan meja transplan dilakukan oleh 10 orang penyelam dari Fisheries Diving Club dan Penyelam dari BKKPN Kupang (Ilham dan Yasir), sesaat setelah meja transplan tiba dilokasi, para penyelam kemudian menyambut meja transplan dan membawa ke kedalaman yang berkisar antara 4-6 meter.

Secara umum, kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses namun kondisi cuaca saat itu cukup menghambat aktivitas karena kondisi arus di perairan Pulau Papandangan cukup keras sehingga menyulitkan penyelam dalam proses penurunan meja transplan di titik yang telah ditentukan.


Responses

  1. salut buat teman-teman FDC UH yang telah melaksankan kegitan ini. jangan lupa dimonitoring untuk mengetahui tingkat pertumbuhan karang…

    • untuk monitoring, kami dari Balai KKPN Satker Pangkep akan memback up teman-teman mahasiswa

  2. kalau bukan kita,, siapa lagi??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: